Buku Non-fiksi “Pengenalan Ekstrakurikuler Pramuka di Sekolah Dasar”

Blurb:

Kegiatan ekstrakulikuler adalah suatu program yang bersinggungan dengan kegiatan perbaikan dan pengayaan. Kegiatan ini dapat diartikan sebagai wadah bagi peserta didik yang berminat mengikuti kegiatan tersebut. Dengan bimbingan dan pelatihan yang dilaksanakan, kegiatan ekstrakulikuler dapat membentuk sikap positif terhadap kegiatan yang diikuti oleh para peserta didik dengan tujuan agar peserta didik mampu memperluas dan memperkaya ilmu untuk dirinya sendiri.
Dalam KBBI pengertian ekstrakulikuler diartikan sebagai “suatu kegiatan belajar yang dilaksanakan di luar sistem atau rencana yang tertulis di dalam kurikulum sekolah seperti kepemimpinan dan pembinaan siswa” (Depdiknas, 2002:291).
Pada tahun 1961 istilah “Pramuka” resmi digunakan di Indonesia, tetapi dengan nama kepanduan. Menurut Kwarnas (2011:17) arti kata pramuka dijelaskan sebagai susunan dari tiga kata yitu “Pra” yang diartikan sebagai singkatan praja yang berarti warga negara atau rakyat, “Mu” adalah kepanjangan dari muda yang berarti belum dewasa, dan “Ka” merupakan kepanjangan dari karana yang artinya adalah aksi, pertunjukan, penghasilan, perbuatan, tindakan, upacara, perusahaan, alat, pengertian, badan, pesawat. Dengan arti yang telah dijabarkan pada tiap suku kata di atas, dengan demikian pramuka diartikan sebagai warha negara yang masih muda dan mampu berkarya.
Buku ini mengulas mengenai ekstrakulikuler pramuka yang ada ada di sekolah. Tepatnya pada setingkat sekolah dasar yang mana kegiatan pramuka menjadi ekstrakulikuler wajib bagi peserta didik.

Judul: Pengelolaan Ekstrakurikuler Pramuka di Sekolah Dasar
Jml halaman: 93 halaman

Penulis: Eko Budiyono

Penerbit : At Press Solo

Harga: 47.000

Pemesanan: http://bit.ly/pepsd

Tinggalkan komentar